Cara Menggunakan All In One SEO Pack Di WordPress [1.030 Kata].pngUntuk Anda sebagai pengguna atau pemakai WordPress bersiaplah untuk termanjakan berkat adanya banyak plugin SEO gratis yang dapat Anda temukan dan digunakan sebagai optimasi SEO website WordPress Anda sekarang. Akan tetapi, dari beberapa plugin SEO yang ada di dalam library WordPress, disana Anda bisa temukan dua buah plugin SEO populer yang mana sering dipakai oleh pengguna WordPress dari seluruh dunia. Dua buah plugin SEO yakni SEO by Yoast dan All in One SEO. Bisa dikatakan, bahwa dua buah plugin ini sama-sama mempunyai versi premium, akan tetapi untuk pemula versi gratisan dari dua plugin tersebut sangat bermanfaat untuk menjadikan website Anda SEO friendly.

Pada topik artikel kali ini, kami akan mengulas tentang cara install dan settings plugin All In One SEO secara lengkap kepada Anda. Untuk Anda yang datang disini sebagai blogger pemula, konfigurasi plugin All in One SEO terbilang sangat rumit mungkin bagi Anda, dan tanpa konfigurasi plugin satu ini, maka Anda tidak akan memperoleh manfaat lebih. All in One SEO yakni sebuah plugin yang memiliki pengaturan jauh lebih sederhana jika dibanding dengan plugin SEO by Yoast. Untuk Anda yang tidak senang dengan  tingkat kerumitan plugin ini, mungkin belum cocok bagi Anda. Namun perlu Anda ketahui, bahwa plugin ini memiliki halaman pengaturan yang dikemas jadi satu, sehingga dapat mudah Anda jika mengikuti tutorial yang kami bagikan disini.

WordPress dikenal sebagai salah satu platform ramah oleh mesin pencari dan telah mengoptimalkan SEO secara default, namun tidak hanya dari pengaturan defaultnya, akan tetapi masih ada cukup banyak pengaturan lainnya yang perlu Anda terapkan agar bisa menjadi lebih solid di mata mesin pencari. Dibawah ini akan kami jelaskan konfigurasi lengkap tentang All in One SEO WordPress Plugin, yang nantinya bisa membantu blog Anda agar dapat lebih SEO friendly. Jika Anda kesulitan belajar sendiri dari penjelasan kami ini, maka bisa mencobanya di kursusseomedan.com. Akan banyak panduan lengkap yang bisa Anda peroleh dan pelajari dengan cepat disana.

Cara Menggunakan All In One SEO Pack Di WordPress

Bagi Anda yang ingin menggunakan plugin All in One SEO Pack, maka Anda wajib untuk menginstall dan mengaktifkan plugin ini. Anda dapat mencari cara Install Plugin WordPress, apabila memang Anda belum paham cara install plugin di dalam WordPress. Jika Anda telah aktifkan plugin tersebut, sekarang Anda bisa melihat menu baru yang memiliki nama All in One SEO di dalam menu sidebar admin WordPress milik Anda dan kemudian bisa langsung klik menu General Settings.

Gambar 1

Di dalam General Settings, Anda dapat langsung melihat pengaturan, disana Anda harus mencentang Use Original Title, Canonical URL, dan Use Schema.org Markup.

Gambar 2

Kemudian di pengaturan Homepage Settings , Anda juga wajib isis beberapa detail tentang Home Descriptions dan Home Title. Dibawah ini kami jelaskan mengenai apa yang nantinya harus Anda isi.

  • Home Title: yaitu tentang isi nama Blog Anda yang berkaitan dengan Keyword (kata kunci) atau tag line, di dalam kolom tersebut kami sarankan kepada Anda untuk isi maksimal 60 karakter agar hasilnya lebih baik.
  • Home Descriptions: yaitu untuk mengisi tentang deskripsi blog Anda, kami sarankan pada Anda untuk isi tidak lebih dari 160 karakter. Sebaiknya Anda membuat deskripsi penuh dengan makna, informative, dan menyematkan keyword (kata kunci) kaya.
  • Home Keywords: Untuk pengaturan Search engine tidak akan bergantung dengan Meta Keywords, jadi Anda sebaiknya Anda mengabaikan kolom ini, namun jika Anda senang memilih Keyword ini, maka Anda bisa isi menggunakan kata kunci bidikan Anda.

Gambar 3

Anda bisa ikuti pada pengaturan Title Settings yang sama dengan  gambar diatas. Atau Anda dapat pula hapus format %blog_title% di bagian Post Title Format. Dibawah ini merupakan pengaturan yang wajib untuk Anda sesuaikan pada bagian Custom Post Type Settings :

Gambar 4

Lihat pengaturan di Display Settings, Anda bisa ikut mengaturnya sama seperti gambar tersebut.

Gambar 5

Webmaster Verifications: Untuk bagian satu ini bermanfaat sebagai verifikasi blog WordPress Anda pada Bing Webmaster Tools, Google Webmaster Tools, dan Pinterest. Disini Anda hanya perlu melakukan pendaftaran situs Anda ke tiga situs yang sudah kami sebutkan tadi, dan mengambil kunci verifikasi, dilanjutkan dengan mempastekan pada bagian ini. Namun, Anda tidak perlu isi semua apabila hanya daftarkan situs Anda di mesin pencari Google dan Bing.

Gambar 6

Google Settings: Plugin All in One SEO ini sudah  mendukung Google Authorship. Sehingga dapat bekerja cukup baik saat Anda mengoprasikan blog WordPress yang mana menggunakan penulis tunggal. Anda hanya perlu tambahkan URL profile dari Google plus Anda, dan menambahkan link ke Blog Anda. Di dalam pengaturan ini, Anda bisa memasukkan juga ID Google Analytics dimana akan berguna sebagai aktifasi pelacakan Google Analytics bagi kemajuan blog Anda.

Gambar 7

Sedangkan untuk pengaturan noindex settings ini, merupakan bagian dari salah satu pengaturan yang cukup penting. Pasalnya disini pasti Anda tidak mau halaman dari arsip yang Anda miliki diindeks Google. Jadi kami ingatkan disini, bahwa halaman arsip ini akan terpakai untuk pengalaman pengguna dan sebagai navigasi situs Anda. Sehingga ketika terindeks oleh search engine, maka halaman arsip akan bekerja menjadi halaman yang berkualitas rendah nantinya. Untuk itu, kami sarankan kepada Anda di dalam pengaturan ini, sebaiknya Anda memilih noindex kan semua halaman arsip tersebut. Lihat pada bagian bawah akan ada lagi pengaturan Advance Settings, disana Anda bisa hilangkan centangnya dan memilih Auto Description Generated, Sehingga Anda bisa tulis Meta Descriptions yang sesuai dari keinginan Anda sendiri dan bisa menghasilkan CTR lebih baik.

Untuk pengaturan yang terakhir ini yaitu pada Keyword Settings atau (Kata Kunci), dan sama seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya diatas tadi. Bahwa saat ini mesin pencari tidak lagi bergantung di Meta Keyword yang akan Anda buat, sehingga di dalam pengaturan ini kami sarankan kepada Anad untuk memilih menon-aktifkan (disabled).

Jika pengaturan ini sudah Anda selesaikan dengan baik, langkah selanjutnya adalah Anda bisa langsung Klik Update Options, dan sekarang Anda sudah siap untuk menggunakan plugin All in One SEO Pack tersebut. Semua sangat mudah dan sudah kami jelaskan secara lengkapnya di atas langkah demi langkahnya. Dari penjelasan singkat ini pastinya akan sangat membantu Anda untuk bisa menggunakan All in One SEO Pack dan meningkatkan website Anda untuk masuk ke halaman utama di mesin pencari. Tingkat keberhasilan dari pengaturan ini, semua tetap tergantung dari Anda sendiri. Jadi sebaiknya jangan terlalu buru-buru untuk melihat cara-cara diatas, cermati dengan baik dan ikuti setiap langkah yang kami jelaskan tersebut. Terima kasih telah berkunjung disini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s